Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Para Guru di Agam Terus Tingkatkan Penulisan Berita dan Karya Tulis Ilmiah

Agam,Sumbar – Bertepatan dengan hari kebangkitan Nasional,sabtu, 20/05/23,para guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Gugus IV, Nagari Tigo Koto Silungkang,Kecamtan Pelembayan, yang di ketuai oleh Feri Novriadi, S.Pd,kembali menggelar Workshop untuk peningkatan kapasitas kemampuan guru yang bertemakan , Penulisan Berita dan Karya Tulis Ilmiah.

 

 

Kegiatan Worshop di laksanakan di SDN 29 Gumarang yang merupakan tuan rumah Kepala Sekolahnya,Jeldi Kamra, S.Pd.Para peserta yang merupakan dari unsur guru ini, sangat antusias mengikuti kegiatan Worshop tersebut,karena selain menambah pengetahuan dan mempertajam kemampuan dalam menulis.

 

Para guru nantinya juga akan terbantu untuk penyiapan bahan kenaikan pangkat,karena salah satu bahan kenaikan pangkat untuk guru adalah PTK, karya tulis ilmiah, dan juga jurnal yang sudah terindeks.

 

 

Pada kesempatan ini tampak hadir dari dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Agam, kabid pembinaan sekolah dasar, KUK, pengawas binaan, pengurus KKKS dan pengurus gugus IV Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan,acara secara resmi di buka oleh Kabid Pembinaan Sekolah Dasar.

 

Dalam sambutannya Kabid pembinaan sekolah dasar, Rezafri Bardi, M.Pd, menyampaikan dalam pidatonya, sekaligus memberikan memotivasi kepada seluruh guru peserta Workshop bahwa menulis adalah sesuatu yang sangat penting,”ucapnya.

 

 

Menulis harus dimulai dari kemauan diri sendiri,dengan menulis kita akan dapat menyampaikan informasi kepada orang lain.Kemampuan Menulis akan semakin baik apabila terus di asah dan terus di lakukan pembiasaan.Karya Tulis yang akan di buat ataupun di publikasikan tentunya harus menerapkan kaidah – kaidah yang ilmiah juga,”imbuhnya.

 

 

Lanjut Rezafri Bardi, M.Pd,” Mengutamakan Rasionalitas serta pembahasan permasalahan yang sesuai berdasarkan dengan fakta yang ada dilapangan adalah salah satu kode etik yang harus di pegang teguh, dan dipedomani oleh setiap orang yang akan menulis maupun orang yang akan menyampaikan sebuah berita.Kemudian karya tulis juga harus sesuai dengan akal sehat penulis,dan penalaran yang logis.Data tulisan harus bersifat objektif dan teruji kebenarannya secara empiris, argumentasi teorinyapun juga harus benar, sahih dan Relevan,”ucap Kabid SD yang akrab di sapa Reza itu.

 

 

Untuk Kabupaten Agam khusunya para guru sudah cukup banyak yang telah sukses dan berhasil dalam menulis,hal ini dapat di lihat dari persentase kemampuan guru dalam menulis,dan juga di lihat dari telah banyaknya buku – buku yang telah di terbitkan yang merupakan buah hasil karya dari guru – guru yang ada di Kabupaten Agam,”imbuhnya.

 

Lanjut Reza,” Tidak di pungkiri lagi dan semua orang tau bahwa salah satu tokoh besar Nasional yang telah mengharumkan nama Indonesia di mata bangsa dari negara asing dalam karya – karya emas tulisannya adalah Buya Hamka, Buya Hamka yang merupakan putra asli daerah Kabupaten Agam,”ucapnya.

 

Semoga kedepan harapan besar masyarakat untuk Agam yang lebih maju sektor pendidikan adalah, sektor yang menjadi pondasi utama yang memberikan kontribusi besar dalam mewujudkan semua itu,”tutupnya.

(Jona/Kayo)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *