Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Perintis PPKHI Sumatera Barat Riyan Permana Putra sebut PPKHI Akan Gelar Sumpah Advokat Awal Mei 2024 di Pengadilan Tinggi Padang 

Perintis PPKHI Sumatera Barat Riyan Permana Putra sebut PPKHI Akan Gelar Sumpah Advokat Awal Mei 2024 di Pengadilan Tinggi Padang

BUKITTINGGI – Ketua Pengadilan Tinggi Padang akan melantik dan mengambil sumpah advokat yang siap melaksanakan tugasnya sebagai pembela masyarakat pada Jumat, (3/5/2024). Advokat yang diambil sumpah dan janji tersebut kini mereka akan resmi untuk dapat menjalankan tugasnya sebagai abdi masyarakat. Perintis Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI) Sumatera Barat yang juga Ketua PPKHI Kota Bukittinggi Dr (cand). Riyan Permana Putra, S.H., M.H. berpesan agar mereka memenuhi janjinya untuk mengikuti alur administrasi perkara dengan ketentuan yang baru, yang berbasis digital.

“Saya atas nama Ketua Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI) Kota Bukittinggi mengucapkan selamat kepada Advokat PPKHI yang baru dilantik dan ingat akan sumpah janjinya untuk bisa dijunjung tinggi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Semua harus bisa melaksanakannya melalui perangkat elektronik, sehingga penyelesaian perkara ini pun bisa lebih praktis dan efektif,” ungkapnya di Bukittinggi pada Kamis, (25/4/2024).

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PPKHI, Decky Wijaya pun mengucapkan, “Selamat kepada advokat PPKHI yang baru dilantik serta berpesan agar advokat PPKHI mampu menjaga etika profesi. Advokat merupakan profesi mulia (nobile officium). Advokat yang hari ini dilantik dan diambil sumpah adalah orang-orang yang telah melewati beberapa tahap formil sesuai UU Advokat, selanjutnya para advokat ini diwajibkan menghayati dan menjalankan profesi Advokat sesuai dengan kode etik Advokat. Dan kami berharap mereka yang lulus menjadi advokat memiliki kemampuan beradaptasi selain memiliki kredibilitas dan integritas,” kata dia.

Ketua DPC PPKHI Bukittinggi yang juga Perintis PPKHI Sumatera Barat ini, Riyan Permana Putra menyampaikan juga kepada awak media, setelah pelantikan di Pengadilan Tinggi Padang, PPKHI membuka kembali pelantikan advokat setiap bulannya di Pengadilan Tinggi Padang.

“DPC PPKHI Kota Bukittinggi membuka pendaftaran pelantikan dan sumpah advokat di Pengadilan Tinggi Padang, ujian online profesi advokat, serta PKPA online dibuka setiap hari kerja, cukup melalui komunikasi online. Layanan pesan teks WhatsApp tersedia untuk komunikasi lewat nomor berikut: 081285341919 (Riyan) serta secara offline di alamat Jalan Mr. Assaat, Guguak Bulek, tak jauh dari Sekolah Al Azhar, Kota Bukittinggi,” ungkap alumni Universitas Indonesia dan kandidat doktor Universitas Islam tertua di Indonesia (UIN Imam Bonjol) ini menambahkan.

Bagi peserta yang ingin dilantik Pengadilan Tinggi Padang tidak masalah berasal dari Organisasi Advokat berbeda sesuai dengan surat bernomor 729/PAN/HK.02/3/2020 yang dikeluarkan pada 26 Maret 2020, Panitera Mahkamah Agung RI menjawab pertanyaan Ketua Umum Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI), Yudhistira Ikhsan Pramana pada 13 Maret 2020, terkait teknis pengambilan sumpah oleh organisasi advokat (OA) berbeda.(Iyas Kari/Fendy Jambak)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *