Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Kapolres Payakumbuh Hadiri Upacara Peristiwa Situjuh ke – 75

Payakumbuh,- Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari, S.I.K.M.H hadiri upacara peringatan peristiwa Situjuh ke 75 yang digelar di Lapangan Khatib Sulaiman Situjuh, Senin (15/01) pagi.

 

Selain Kapolres Payakumbuh upacara perstiwa situjuh tersebut turut dihadiri jajaran Forkopimda Provinsi Sumbar, anggota DPR-RI serta jajaran Forkopimda Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota yang mana pada pelaksanaan upacara tersebut Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy bertindak selaku Inspektur Upacara.

 

Peristiwa Situjuah merupakan suatu peristiwa penyerangan oleh pasukan penjajah Belanda terhadap para pejuang kemerdekaan Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang menewaskan beberapa orang pimpinan pejuang dan puluhan orang anggota pasukan lainnya.

 

Ditemui pasca pelaksanaan upacara, Kapolres AKBP Wahyuni Sri Lestari menuturkan upacara peringatan Peristiwa Situjuah yng diadakan setiap tanggal 15 Januari merupakan bentuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan.

 

” Ini merupakan cara kita mengenang dan mengharga jasa para pejuang, untuk memberitahu kepada anak cucu kita terkait peristiwa bersejarah di daerah, ” terang Kapolres.

 

Walaupun bukan merupakan asli ” URANG AWAK ” Kapolres berharap kedepan peristiwa-peristiwa bersejarah di Sumbar dapat disemarakkan, karena pastinya banyak peristiwa penting yang terjadi di Sumbar.

 

Dalam rangkaian upacara tersebut juga, Wakil Gubernur Audy Joinaldy juga berkesempatan berikan penghargaan kepada beberapa individu dari masyarakat Nagari Situjuah Batua atas konsistensi dan kepedulian pada PDRI dan Peristiwa Situjuah yang mana Kapolsek Situjuh AKP Farzan salah satu diantara penerima pengharagaan. (hms*)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *